5 Tips Membuat Subjek Email Lamaran Kerja agar Lamaran Lekas Dilirik

0 565

CEKLOKER.WEB.ID | 5 Tips Membuat Subjek Email Lamaran Kerja agar Lamaran Lekas Dilirik Kemajuan teknologi membuat proses mengirim lamaran kerja semakin mudah. Kamu bisa melakukannya secara sekaligus melalui email. Namun, banyak hal penting yang harus kamu perhatikan saat mengirim email. Salah satunya, yaitu subjek email lamaran kerja yang tepat.

Penggunaan subjek email lamaran kerja sangat menentukan impresi tim Human Resource Development (HRD) terhadap lamaranmu. Yuk, ikuti lima tips ini agar lamaran kerjamu lekas dilirik HRD dan mendapatkan respon positif!

Menghindari Email Lamaran Kerja Tanpa Subjek


Tidak mencantumkan subjek lamaran kerja adalah keputusan buruk yang membuat lamaranmu diabaikan tim HRD. Sebelum kamu mengirim email, kamu harus mengecek bagian subjek dan memastikan bahwa bagian tersebut sudah terisi dan tidak typo.

Sebab hal sederhana seperti subjek email turut memperlihatkan karaktermu sebagai calon karyawan yang profesional dan berorientasi pada hal-hal detail.

Mengikuti Ketentuan yang Tertera di Lowongan Kerja

Proses membuat subjek email lamaran kerja akan semakin mudah jika lowongan kerja mencantumkan persyaratan tertentu. Beberapa contoh ketentuan subjek email tersebut adalah sebagai berikut:

Copywriter PT. XXX – (nama pengirim email)
Lamaran Accounting Staf – (nama pengirim email)
Lamaran Magang Reporter
I am ready­­_Designer Graphic (full time)
Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar cermat mengamati info lowongan kerja sebelum mengirim email sehingga kamu tidak menggunakan subjek yang keliru.

Menulis Subjek Secara Singkat


Hal lain yang patut kamu perhatikan saat membuat subjek email lamaran kerja adalah jumlah karakter. Tampilan email di laptop dapat langsung membaca maksimal 60 karakter, sedangkan tampilan subjek email di smartphone hanya 25 hingga 30 karakter saja.

Kamu mesti menggunakan judul yang singkat dan jelas agar mudah terbaca di smartphone maupun laptop.

Mencantumkan Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Posisi pekerjaan yang dilamar juga menjadi salah satu elemen penting yang wajib ada pada subjek lamaran kerja melalui email. Dengan demikian, tim HRD bisa mengelompokkan kamu ke dalam golongan kandidat yang tepat.

Biasanya tim HRD tak punya banyak waktu membaca email hanya demi mengetahui posisi yang kamu inginkan.

Memberikan Sentuhan Personal


Sentuhan personal yang disertakan pada subjek lamaran kerja bisa berupa nama perusahaan tempat kamu melamar kerja. Hal sederhana ini menunjukkan karaktermu sebagai pribadi yang detail, tidak mengirimkan email sembarangan ke banyak perusahaan tanpa mengubah isi dan subjek email tersebut.

Setelah menyimak tips ini, semoga kamu tidak melakukan kesalahan lagi saat menulis lamaran kerja, ya. Niscaya lamaran pekerjaanmu akan lekas diterima jika kamu mampu membuat email lamaran secara profesional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.