TIPS DAN CARA MEMBUAT NPWP ONLINE

0 174

CEKLOKER.WEB.ID | Cara Membuat Npwp Online Bekerja dari rumah atau work from home (WfH) menjadi kata populer belakangan ini setelah adanya Virus Covid-19. Kamu sedang bekerja dari rumah? bekerja seperti biasa di Perusahaan? atau bahkan sedang mempersiapkan diri untuk melamar kerja?

Hal ini juga berlaku terhadap pegawai Ditjen Pajak (DJP). Sebagian pegawai DJP bekerja dari rumah. Kondisi ini juga membuat pelayanan perpajakan tatap muka atau secara langsung terpaksa berhenti sementara.

Pelayanan pajak kini dilakukan secara online. Sejumlah pelayanan mulai dialihkan secara daring, tak terkecuali mendaftar Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Langkah Membuat NPWP Pribadi Secara Online

  1. Buka halaman ereg.pajak.go.id.
  2. Pilih menu daftar yang ada di bagian bawah.
  3. Masukkan alamat e-mail yang masih aktif agar verifikasi bisa dilakukan.
  4. Buka link verifikasi yang telah dikirim melalui e-mail.
  5. Lakukan pengisian data diri secara lengkap agar bisa melangkah ke proses selanjutnya. Pastikan data diri yang diisikan adalah benar.
  6. Setelah pengisian data diri selesai, buka e-mail dan klik link verifikasi.
  7. Masuk ke sistem e-registrasi dan pilih menu pengajuan NPWP.
  8. Ikuti langkah-langkah pengisian dengan teliti dan pastikan data yang dilampirkan benar supaya pengajuan ini tidak ditolak.
  9. Setelah pengisian formulir selesai, sistem akan merekomendasikan KPP untuk mengurus pengajuan yang telah Anda buat.
  10. Klik menu token untuk mendapatkan kode unik sebagai syarat pengajuan.
  11. Klik kirim pengajuan dan tunggu beberapa hari untuk mendapat konfirmasi apakah pengajuan Anda ditolak atau diterima. Konfirmasi akan dikirim melalui e-mail.
  12. Bila status pengajuan sukses, NPWP akan dikirim melalui pos ke alamat yang telah terlampir.

Adapun Beberapa Formulir yang perlu di perhatikan antara lain :

Form Kategori Wajib Pajak

Pertama, Kamu mengisi form sesuai dengan kategori wajib pajak. Apabila kamu dikategorikan wajib pajak orang pribadi, pilih dan centang Orang Pribadi. Untuk status pusat atau cabangnya, klik Pusat, kemudian klik Next.

Form Identitas Wajib Pajak
Untuk form identitas wajib pajak, isilah data pribadi kamu sesuai dengan KTP terbaru. Jangan lupa isi dengan huruf kapital. Pastikan nomor ponsel yang kamu cantumkan adalah nomor aktif dan bisa dihubungi. Setelah itu, klik Next.

Form Sumber Penghasilan Utama
Selanjutnya mengisi form sumber penghasilan utama. Kamu akan memilih tiga kategori penghasilan, yaitu dari pekerjaan dalam hubungan kerja, kegiatan usaha dan pekerjaan bebas. Katakanlah kamu adalah pegawai swasta. Lalu klik Next.

Form Alamat Tinggal
Setelah itu, ada form alamat tinggal. Isilah form ini dengan data alamat tempat tinggal kamu yang sebenarnya. Sesuaikan pengisian alamat tempat tinggal ini sesuai dengan peraturan berlaku. Cantumkan juga lorong atau gang, jika ada. Selanjutnya klik Next.

Form Alamat Domisili
Kemudian lkamu harus mengisi form alamat domisili yang diisi sesuai dengan KTP kamu . Centang kolom sama dengan tempat tinggal apabila alamat domisili kamu sama dengan tempat tinggal kamu. Setelah itu klik Next.

Form Alamat Usaha

Selanjutnya kamu akan mengisi form alamat usaha. Isilah form ini apabila pekerjaan utama kamu menjalankan kegiatan usaha. Apabila tidak, form ini tidak dapat diisi. Kemudian klik Next.

Form Info Tambahan
Lalu akan ada form info tambahan. Isilah jumlah tanggungan kamu , maksimal 3 tanggungan. Setelah itu, centang kotak kisaran penghasilan kamu per bulan. Setelah selesai, klik Next.

Form Persyaratan
Selanjutnya ada form persyaratan. Di sini, kamu harus mengunggah KTP terbaru untuk memenuhi syarat pendaftaran NPWP. Sebelumnya cetak kotak unggah, lalu lakukan pengunggahan. Jika sudah selesai, klik Next.

Form Pernyataan
Selanjutnya ada form pernyataan. Centang kotak benar dan kotak lengkap. Lalu klik Simpan. Lalu status pendaftaran NPWP kamu akan muncul di dashboard. Klik tulisan Kirim Token, lalu salin ulang captcha. Setelah itu, klik Submit.

Demikian langkah langkah pembuatan Npwp Online, semoga berguna dan bermanfaat buat anda yang masih belum punya NPWP Pribadi maupun Usaha,

Best Regards

Leave A Reply

Your email address will not be published.